LP3 Institut Teknologi Sumatera

"Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penjaminan Mutu"

               

Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2020


August 13th, 2020 | Posted by: ADMIN LP3


Pada hari Rabu (12/8), Lembaga Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu Pendidikan melaksanakan kegiatan pelatihan penulisan proposal penelitian dan proposal pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Aula Gedung C Institut Teknologi Sumatera.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 70 dosen yang berasal dari berbagai program studi. Acara ini diisi oleh narasumber yang sudah pakar di bidangnya yaitu Prof. Dr. Buhani, S.Pd., M.Si. yang merupakan dosen berprestasi dari Universitas Lampung. Kegiatan ini penting dilaksanakan mengingat penulisan proposal yang baik dan benar merupakan langkah penting untuk mendapatkan pendanaan penelitian atau PkM.

Dalam acara tersebut, Dr. Eng. Ratna Widyawati selaku Ketua LP3 mengemukakan harapan agar dosen-dosen muda di ITERA lebih bersemangat melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. “Tahun ini (2020, red.) alhamdulillah ITERA telah berhasil mendapatkan pendanaan 52 proposal dari Simlitabmas DIKTI. Untuk itu dengan adanya pelatihan ini saya harap tahun 2021 nanti ada peningkatan jumlah penelitian dan PKM yang diterima oleh ITERA.” ujar Bu Ratna.

Pada tahun 2020, ITERA berhasil mendapatkan total 52 proposal yang meliputi 47 Penelitian Dosen Pemula, 2 Penelitian Dasar, 2 Penelitian Kerjasama Perguruan Tinggi (PKPT), dan 1 Penelitian World Class Research.

 

Dalam pemaparan materinya, narasumber Prof. Burhani menyampaikan pentingnya melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah dua dari bentuk tridharma perguruan tinggi. “Setiap proposal yang dibuat dalam rangka penelitian maupun pengabdian masyarakat harus mengikuti aturan-aturan yang ditentukan oleh penyelenggara,” ujar Prof. Burhani.

“Proposal harus disiapkan dengan matang dan tidak terburu-buru demi mendapatkan hasil yang maksimal. Ini penting, karena penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan kunci utama pekerjaan sebagai dosen.”

Kegiatan pelatihan ini membahas mengenai teknik penulisan proposal yang baik, kunci agar proposal diterima oleh penyelenggara, serta skema-skema yang sering ada dalam pendanaan penelitian.

Dengan terselenggaranya program ini, diharapkan dosen ITERA dapat berkarya dengan lebih baik serta dapat melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui skema dana baik dari internal maupun eksternal. (DH/HAP)

 

Silahkan unduh materi disini:
materi 1
materi 2


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)