LP3 Institut Teknologi Sumatera

"Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penjaminan Mutu"

               

Tingkatkan Input Penelitian dan Pengabdian, LP3 ITERA Gelar Klinik Proposal Simlitabmas


October 21st, 2020 | Posted by: ADMIN LP3


Bandar Lampung – Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penjaminan Mutu (LP3) ITERA telah melaksanakan Klinik Proposal Simlitabmas pada Rabu (21/10). Kegiatan tersebut dihadiri oleh 70 dosen ITERA.

Dalam sambutannya, Ketua LP3 Dr. Acep Purqon menjelaskan bahwa sangat urgent untuk para dosen untuk memulai menulis proposal. “Saat ini di ITERA terdapat 17 dosen bergelar lektor yang eligible serta 223 dosen bergelar asisten ahli dan/atau ber-NIDN yang dapat dimaksimalkan untuk mengikuti penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.”

Dalam kegiatan tersebut, terdapat dua narasumber yang membahas tentang penelitian dan pengabdian masyarakat di Simlitabmas. Narasumber pertama yaitu Dr. Ir. Sri Ratna Sulistyani, M.T. dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung, menjelaskan tentang bagaimana menulis proposal pengabdian kepada masyarakat yang baik serta menghindari hal-hal yang membuat proposal dinilai kurang baik. “Salah satu kesalahan yang umum dibuat oleh pembuat proposal adalah tidak mengindahkan persyaratan administratif yang memang merupakan kunci utama sebelum persyaratan substansi dinilai.”

Hal yang paling sering terjadi adalah ketidaksesuaian proposal dengan syaratnya, misalnya dosen yang tidak multidisiplin, atau kurangnya surat mitra. Dengan tidak lolos administrasi, maka proposal tidak akan sempat dinilai isinya, bahkan jika isinya sebenarnya bagus, ujar Dr. Ratna.

Dalam kesempatan tersebut, terdapat pula narasumber yang membahas penelitian SImlitabmas, yaitu Prof. Dr. Ir. Mitra Djamal yang juga merupakan Wakil Rektor bidang Akademik. Beliau menjelaskan bahwa skema penelitian yang saat ini dibuka masih sangat terbatas dan tidak banyak dapat diambil oleh dosen ITERA yang sebagian besar merupakan asisten ahli. “Sehingga,” ujar Beliau, “untuk skema penelitian ini kita fokuskah kepada para dosen yang sudah eligible untuk mengikuti penelitian-penelitian ini. Penelitian yang masih mungkin di-submit oleh beberapa dosen ITERA mencakup Penelitian Dasar dan Penelitian Terapan.”

Dosen ITERA didorong untuk mampu membuat proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebanyak-banyaknya, agar kemungkinan diterima pendanaan menjadi besar.(HAP)


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)