LP3 Institut Teknologi Sumatera

"Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penjaminan Mutu"

               

Studi Banding Pengelolaan KKN ITERA ke Direktorat PkM UGM


March 26th, 2021 | Posted by: ADMIN LP3


Dalam rangka penyelenggaran KKN yang lebih optimal, tim KKN Institut Teknologi Sumatera mengadakan Studi Banding Pengelolaan KKN ke Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada pada hari Jum’at, 26 Maret 2021 pukul 08.30 s.d 11.30 WIB. Studi banding ini dilaksanakan secara daring menimbang masa pandemik covid-19 yang belum berakhir.

Acara ini dihadiri oleh tim KKN ITERA, Ketua LP3 ITERA, dan segenap Pimpinan Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM. Acara ini diawali dengan sambutan dari ketua LP3 ITERA yaitu bapak Acep Purqon, Ph.D. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan bahwa “Suatu kehormatan bagi ITERA untuk bisa belajar dari UGM bagaimana pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat khususnya pada pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata di UGM. Melalui pertemuan ini, ITERA juga ingin belajar bagaimana mengkonversi program-program menjadi suatu luaran yang bisa bermanfaat bagi masyarakat”.

Selanjutnya, Ketua Tim KKN ITERA yaitu Bapak Edo Kharisma Army, S.T., M.T. menyampaikan terkait dengan sejarah pelaksanaan KKN ITERA yang dimulai sejak tahun 2018. Melalui kesempatan ini, beliau juga berharap bisa menimba ilmu dari UGM terkait bagaimana pelaksanaan KKN di UGM sebagai percepatan ITERA dalam optimalisasi kegiatan KKN ITERA untuk periode selanjutnya.

Sementara dari pihak Direktorat PkM UGM, terdapat dua pembicara yaitu Direktur PkM UGM (Bapak Prof. Ir. Irfan Dwidya Prijambada, M.Eng., Ph.D.) dan Kepala Subdirektorat KKN UGM (Ibu Dr. Ir. Ambar Kusumandari, M.E.S). Adapun materi yang diberikan oleh Direktur PkM UGM yaitu seputar awal sejarah KKN yang dimulai dari adanya “Sekolah Guru A” yang berhasil melakukan penghijauan di Daerah Bantul dimana awalnya merupakan daerah yang sangat kering dan dikenal sebagai dengan Bukit Gundul yang kemudian bisa dialirkan air untuk ditanami padi dan tanaman lainnya. Beliau juga menekankan bahwa “Artinya, jika KKN ini bisa serius ditangani, KKN bisa sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. KKN ini juga menjadi wadah untuk mahasiswa agar mereka bisa mengenali bangsanya sendiri dan menjadikan mereka calon-calon pemimpin bangsa ini di masa mendatang”.

Kepala Subdirektorat KKN UGM menyampaikan materi seputar Perencanaan KKN yang terdiri dari 5 tahapan yaitu 1.) Pengembangan kegiatan KKN, 2.) Persiapan KKN, 3.) Pra Operasional KKN, 4.) Operasional KKN, dan 5.) Evaluasi Mahasiswa dan Keberlanjutan Kegiatan KKN. Beliau menambahkan bahwa pelaksanaan KKN di UGM lebih fokus pada Pengabdian kepada Masyarakat dimana luaran dari KKN adalah memberikan solusi pemecahan masalah yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, beliau berharap agar universitas-universitas lainnya juga bisa mengusulkan KKN yang berbasis kepada Pengabdian kepada Masyarakat agar pelaksanaan KKN bisa membantu mensejahterakan masyarakat Indonesia.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)